ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA PESERTA DIDIK BOARDING SCHOOL DAN REGULER DI MAN 2 KOTA PALU

  • Devi Purwati Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: perbandingan pendidikan, hasil belajar peserta didik, sejarah kebudayaan islam

Abstract

Perbandingan hasil belajar mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada peserta didik boarding school dan reguler di MAN 2 Kota Palu dan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perbandingan hasil belajar mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pada peserta didik boarding school dan reguler di MAN 2 Kota Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian yaitu deskriptif. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh peserta didik MAN 2 Kota Palu. Teknik pengumpulan data menggunakan data hasil belajar Ujian Akhir Semester (UAS) peserta didik, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil analisis statistic inferensial data menunjukan bahwa hasil uji Mann Whitney diperoleh hasil bahwa Zhitung sebesar -5.194 dengan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari (<) nilai probabilitas 0,05. Oleh karena itu sebagaimana dasar pengambilan keputusan uji Mann Whitney di atas maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada peserta didik boarding school dan reguler di MAN 2 Kota Palu.

References

Baharuddin, (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Baktiar, (2013). Boarding school dan Peranannya dalam Pendidikan Islam, Jakarta: PeNA.
Hasan, (2014). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kardiyah, (2014). Studi Komparasi Akhlak Siswa Boarding School dan non boarding school di SMA Al-Ma’some Sumedang, Tarbawy, Vol 1, Nomor 2.
Koentjoroningrat, (2015). Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan Jakarta: PT. Gramedai Pustaka Utama.
Maksudin, (2015). Pendidikan Nilai Sistem Boarding School di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Abubakar Yogyakarta, Disertasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2008, standar kompetensi dan standar isi, 2008,
Rizkiani, (2012). Pengaruh Sistem Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter Peserta didik, Jurnal Pendidikan Universitas Garut.
S. Margono, (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kuantitatif dan R & D, Bandung Alfabeta.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Cet 23: Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D, Bandung, Alfabeta.
Sugiyono, (2020). Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung.
Suprijono, Agus, (2013). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suryabrata, Sumardi, (2014). Metodologi Penelitian, Jakarta: PT Raja Grafindo Persda.
Syamsuar Ginanjar, (2020). Perbandingan Pengaruh Brand Ambassador BTS Dengan Blackpink Terhadap Minat Beli Pada Tokopedia Menggunakan Mann Whitney U-Test.
Syaodih Sukmadinata, Nana, (2013). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ulber, Sisilahi. Metode Penelitian Sosial, Bandung: Refika Aditama.
Published
2024-12-30
How to Cite
Devi Purwati. (2024). ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) PADA PESERTA DIDIK BOARDING SCHOOL DAN REGULER DI MAN 2 KOTA PALU. Al-Tawjih: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 65-72. Retrieved from https://jurnal.iainpalu.ac.id/index.php/wjh/article/view/4012
Section
Articles