ANALISIS KESULITAN GURU PAI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SDN 1 TATURA PALU
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Analisis Kesulitan Guru PAI dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SDN 1 Tatura Palu. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apa saja kesulitan guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SDN 1 Tatura Palu dan Bagaimana upaya dalam mengatasi kesulitan guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SDN 1 Tatura Palu.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif pendekatan deskriptif, yang menggambarkan dan mendeskripsikan Kesulitan Guru PAI dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SDN 1 Tatura Palu, data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka telah berjalan dengan baik, termasuk pengoperasian IT, pembelajaran berdiferensiasi, dan penyusunan modul ajar. Namun, guru PAI masih menghadapi beberapa kesulitan, seperti kesulitan dalam mengoperasikan IT, kesulitan dalam mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi, dan kesulitan dalam menganalisis modul ajar. Untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut, perlu dilakukan upaya-upaya seperti pelatihan guru, pengembangan infrastruktur IT, dan pengembangan kemampuan guru dalam mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi serta menganalisis modul ajar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pengembangan Kurikulum Merdeka di SDN 1 Tatura Palu.
References
Dalyono M., Psikologi Pendidikan (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005).
Dhora Sony Tian, Dakwah Islam di Era Digital: Budaya Baru ‘e-Jihad’ atau Latah Bersosial Media, Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 17, no. 1 (2023).
Faiz, A., Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6, No. 2 (2022).
Farhana Ika, Merdekakan Pikiran Dengan Kurikulum Merdeka Memahami Konsep Hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran Di Kelas ( Bogor: Lindan Bestari, 2022).
Fitriah I. Dan Widiyono A., Analisis Kesulitan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Bagian Tubuh Tumbuhan di Sekolah Dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4 No. 2 (2023).
Haryanto. Professional development of teachers for curriculum reform in Indonesia, Journal of Education and Learning 13, no. 4, (2019).
Ismawati, Analisis Kesulitan Guru Dan Siswa Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas X Akuntansi Di SMK Kansai Pekanbaru, Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4, no. 2, 2020).
Kamal Muhiddinur, Guru: Suatu Kajian Teoritis Dan Praktis (Bandar Lampung, CV. Anugrah Utama Raharja, 2019).
Manalu Julian Boang, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar, Jurnal: Prosiding Pendidikan Dasar, 1, no. 1, (2022).
Pillawaty Shinta, Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor, 1, no. 1, (2023).
S. A. Widodo, Peran Sekolah Penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka, Jurnal Administrasi Pendidikan 23, no. 1, (2021).
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, Cet II; Bandung: Alfabeta, 2020.


