PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 SIGI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menerapkan media pembelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Sigi, serta mengidentifikasi kendala yang di hadapi dan solusi yang di terapkan. Pendekan yang di gunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data di lakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi dengan teknik triangulasi untuk memastikan keabsahan data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru PAI berperan sebagai fasilitator. Inovator, motivator, dan pembimbing dalam proses pembelajaran berbasis teknologi. Guru memanfaatkan media digital seperti vidio islami, kuis daring, dan aplikasi edukatif untuk memperkuat pemahaman peserta didik. Selain itu, guru juga menciptakan metode pembelajaran yang kontekstual dan relevan dengan kebutuhan zaman. Namun, masi terdapat hambatan berupa keterbatasan perangkat digital, jaringan internet yang tidak stabil, serta perbedaan kemampuan siswa dalam mengakses teknologi. Solusi yang di lakukan meliputi kerja kelompok, penyediaan materi non-digital, dan pelatihan serta dukungan dari pihak sekolah.
Simpulan dari penelitian ini mengakses bahwa penggunaan teknologi secara kreatif dan tepat oleh guru mampu meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, terutama dalam hal pemahaman, minat, dan partisipasi aktif siswa. Hal ini menunjukan pentingnya peran guru sebagai agen perubahan dalam mengintegrasikan teknologi demi tercapainya proses pembelajaran yang efektif, menarik, dan relevan di era digital.
References
Asep Sukendar Egok, Profesi Kependidikan, (Cet. I Semarang:CV. Pilar Nusantara, 2019), 83
Maghfiroh, W. (2022). Upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penerapan teknologi informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian. Jurnal Petisi (Pendidikan Teknologi Informasi), 3(1), (2022) 21
Maksum, ‗Peran Guru PAI Dalam Meningkakan Motivasi Belajar Siswa Di SMPN 2 Cibinong‘, Jurnal Akrab Juara, 5.1 (2020), 179–80.
Moh. Uzer Usman.4
Muhammad Fajar Awaludin, Rachmat Ramdani, Peran Kelompok Keagamanaan dalam Menjaga Keharmonisan dan Keberagaman (Studi Deskriptif PC NU Kabupaten Karawang Dan Pengurus Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa Kabupaten Sukabumi), Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (Vol. 8, No.1) (2022), 673
Nurdin k. Guru Profesional dalam Persfektif Al-Ghazali (Studi Analisis Kitab Ayyuha Al-Walad), (Jurnal Konsepsi, Vol. 7, No. 3, 2018), 103
Nuryana, Z. Pemanfaatan teknologi informasi dalam pendidikan agama islam. TAMADDUN: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 19(1), (2019). 77
Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif, (Cet II; Bandung: Alfabeta, 2020), 7.


