Profesionalisme Guru Dalam Menjalanakan Tugasnya (Tinjauan Pendidikan Islam)

  • Khusnul Khotimah Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Profesionalisme Guru, Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan adalah proses mempengaruhi seseorang menuju terbentuknya karakter yang baik, memliki kesadaran dan pemahaman baik tentang dirinya dan kehidupan. Kualitas suatu pendidikan ditentukan oleh kualitas para pendidiknya atau biasanya disebut dengan guru. Guru dalam tinjauan pendidikan islam adalah profesi yang sangat mulia. Dialah salah satu elemen terpenting dalam proses belajar mengajar, yang dengan keprofesionalitasnya dapat mewujudkan tujuan pendidikan islam secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode library research, menggunakan teknik dokumentasi dalam pengumpulan data, dan teknik analisis data menggunakan teknik analisis kritis dan terstruktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru dalam pendidikan islam memegang tanggung jawab yang sangat penting. Untuk menjalankan tugasnya sebagai guru, ia harus meningkatkan keprofesinalitasnya untuk tercapainya tujuan pendidikan islam. Kesimpulan dari penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa guru dalam menjalankan tugasnya harus dengan profesionalitas sesuai dengan ajaran islam.

References

Ahmadi, Rulam (2014). Pengantar Pendidikan: Asas dan Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Al-Quran Terjemahan. (2022). Al-Hufaz Perkata. Bandung: Cordoba.
Alim, Akhmad. (2014). Tafsir Pendidikan Islam. Jakarta: AMP Press.
Amini, Ibrahim. (2006). Agar Tak Salah Mendidik. Jakarta: Al-Huda.
Anggito, Anggi dan Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
Anwar, Muhammad. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Kencana.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi VI. Online di: https://kbbi.kemendikbud.go.id/. Diakses 10 Juni 2025.
Daulay, Haidar Putra. (2004). Pendidikan Islam: Dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Harahap, Nursapia. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal ‘Iqra, 8(1) 68.
Metroselebes.com. (2025). Okunum Guru Ngaji Terduga Perbuatan Asusila Tergadap Anak di Palu Ditetapkan Jadi Tersangka. Diakses 13 Juni 2025, dari Metroselebes Media https://www.metroselebes.com/hukum-kriminal/81215187012/oknum-guru-ngaji-terduga-perbuatan-asusila-terhadap-anak-di-palu-dutetapkan-jadi-tersangka?page=2
MetroTV. (2025). Oknum Guru di Lumajang Ditangkap Setelah Lecehkan Murid Melalui Video Call. Diakses 13 Juni 2025, dari MetroTV Media https://www.metrotvnews.com/play/b1oCV8zo-oknum-guru-honorer-di-lumajang-ditangkap-setelah-lecehkan-murid-melalui-video-call
Mujtahid. (2011). Pengembangan Profesi Guru. Malang: UIN Maliki Press.
Mukodi. (2011). Pendidikan Islam Terpadu: Reformulasi Pendidikan di Era Global. Yogyakarta: Aura Pustaka.
Radio Republik Indonesia. (2024). Oknum Guru Berbuat Tak Senonoh Ditahan Mapolresta Bandar Lampung. Diakses 12 Juni 2025, dari rri Media https://rri.co.id/kriminalitas/1096637/oknum-guru-berbuat-tak-senonoh-ditahan-mapolresta-bandarlampung
Sopian, Ahmad. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru Dalam Pendiidkan. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 96.
Sudarto. (2021). Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Suriadi dan Triyo Supriyanto. (2021). Profesionalisme Guru Berbasis Religius. Malamg: CV Literasi Nusantara Abadi.
Sutiono. (2021). Profesinalisme Guru. Jurnal Pendidikan Islam: Tahdzib Al- Akhlaq, 4(1), 21.
Suyudi, M dan Wahyu Hanafi Putra. (2023). Pendidikan Islam: Poter Perubahan yang Berkelanjutan. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.
Tafsir, Ahmad. (1992). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tafsir, Ahmad. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tilmasani. (2020). Filsafat Pendidikan Islam. Malang: Literasi Nusantara.
TribunLampung.co.id (2025). Okunum Guru SD Peragakan Adegan Tak Senonoh di Depan 24 Muridnya. Diakses 13 Juni 2025, dari TribunLampung Media https://lampung.tribunnews.com/2025/05/31/oknum-guru-sd-peragakan-adegan-tak-senonoh-di-depan-24-muridnya
Turmudzi, Muhamad. (2021). Konsep Pendidikan dan Islam sebagai Alternatif dalam Memanusiakan Manusia. Jurnal Al-Ishlah, 19(2), 278-279.
Usman, Moch Uzer. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Zainuddin, M, Nur Ali dan Mujtahid. (2010). Pendidikan Islam: Dari Paradigma Klasik hingga Kontemorer. Malang: UIN Maliki Press.
Zarkasy, Hamid Fahmi. (1980). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Kuala Lumpur: Harian Sdn, Berhad. dikutip dalam M. Zainuddin, Nur Ali dan Mujtahid. (2010). Pendidikan Islam: Dari Paradigma Klasik hingga Kontemorer. Malang: UIN Maliki Press.
Zed, Mestika. (2017). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Zuhairini, dkk. (2012). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
2024-06-28
How to Cite
Khusnul Khotimah. (2024). Profesionalisme Guru Dalam Menjalanakan Tugasnya (Tinjauan Pendidikan Islam). Al-Tawjih: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 18-25. Retrieved from https://jurnal.iainpalu.ac.id/index.php/wjh/article/view/4006
Section
Articles