IMPLEMENTASI EMIS 4.0 (EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SISTEM 4.0) DI MADRASAH ALIYAH PINOGALUMAN KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA

  • Nurzakia UIN Datokarama Palu
  • Evy Ramadina UIN Datokarama Palu
Keywords: EMIS, IMPLEMENTASI EMIS 4.0

Abstract

Penelitian ini membahas tentang “Implementasi EMIS 4.0 (Education Management Information System 4.0). di Madrasah Aliyah Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara”. Permasalahan yang dikaji adalah: 1) bagaimana Implementasi EMIS 4.0 (Education Managemen Information System 4.0). di Madrasah Aliyah Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara 2), Apa  Hambatan dan solusi Implementasi EMIS 4.0 (Education Management Information System 4.0). di Madrasah Aliyah Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi EMIS 4.0 (Education Management Information System 4.0) di Madrasah Aliyah Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan untuk pengetahui hambatan dan Solusi Implementasi EMIS 4.0 (Education Management Information System 4.0). di Madrasah Aliyah Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow

Penelitian ini menggunakan Penelitian deskriptif kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data agar data terjamin validitas dan kredibilitasnya maka diadakan pengecekan keabsahan data melalui cara triangulasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Impelementasi EMIS 4.0 di Madrasah Aliyah Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara bertujuan untuk mencapai kebijakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam RI. dalam penerapan EMIS 4.0 di Madrasah Aliyah Pinogaluman sudah terlaksana dengan baik dengan memanfaatkan segala fasilitas sarana dan prasarana pendukung yang ada di Madrasah Aliyah Pinogaluman. dengan di kembangkannya sistem pendataan EMIS 4.0 memberikan manfaat bagi Madrasah yaitu fitur-fiturnya yang sudah lengkap dan lebih jelas mempermudah kerja operator dalam melaporkan perkembangan Madrasah pada pihak Kementerian Agama. 2) Kendala Implementasi EMIS 4.0 di Madrasah Aliyah Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yaitu kondisi jaringan yang tidak stabil membuat pengisian data akan semakin lama dan data yang telah diinput tidak akan teraplod. Adapun solusi yaitu melapor ke admin kabupaten untuk diberikan perpanjangan waktu dalam proses pendataan.

Implikasi dari penelitian ini diharapkan kepada kepala madrasah Lebih meningkatkan peran sebagai pimpinan di Madrasah Aliyah Pinogaluman dengan memperhatikan apa saja yang dibutuhkan oleh keperluan sekolah terutama mengenai sumber daya pendukung dalam proses Implementasi EMIS 4.0 

Published
2025-11-10
Section
Articles