Analisis Pengelolaan Data Emis 4.0 (Education Management Information System) Di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah Pada Kantor Kementerian Agama Kota Palu
Abstract
Tesis yang mengangkat tema tentang pengelolaan data pendidikan menggunakan aplikasi EMIS ini, merupakan jenis penelitian kualitatif dengan judul ” Analisis Pengelolaan Data EMIS 4.0 (Education Management Information System 4.0) di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah Pada Kantor Kementerian Agama Kota Palu”. Tujuan dari pemilihan judul ini adalah untuk meneliti penggunaan aplikasi EMIS 4.0 sebagai pangkal data pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah pada Kantor Kementerian Agama Kota Palu, serta isu-isu yang terkait dalam pengelolaan data pendidikan EMIS 4.0 Madrasah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan metode penelitian yang digunanakan adalah pengamatan empiris baik kata-kata, perilaku dan fenomena lainnya secara alamiah yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Lokasi penelitian bertempat di Kantor Kementerian Agama Kota Palu dan Madrasah Ibtidaiyah sebagai satuan kerjanya. Teknik penelitian yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan data EMIS 4.0 (Education Management Information System) di tingkat madrasah ibtidaiyah pada Kantor Kementerian Agama Kota Palu telah melaksanakan tugas dan kewenangannya sesuai dengan regulasi pemerintah. Pengelolaan data EMIS 4.0 pada tingkat madrasah ibtidaiyah dalam hal ini adalah MIN 1 Kota Palu yang digunakan sebagai data tambahan dalam memperkuat hasil penelitian juga telah melakukan pengelolaan data EMIS 4.0 dengan memperhatikan indikato-indikator yang ada. Faktor penghambat pada pengelolaan data EMIS 4.0 secara umum yaitu data siswa yang tidak valid seperti ketidaksesuaian data siswa dengan data dukcapil, kesalahan operator madrasah yang tidak teliti dalam memasukkan data siswa ke aplikasi EMIS 4.0 Madrasah, operator EMIS Madrasah yang tidak tetap, dan gaji operator EMIS di madrasah kurang diperhatikan.
Implikasi dari penelitian ini adalah saran dan solusi bagi para kepala madrasah agar lebih memperhatikan peran operator sebagai jantung madrasah dengan mengalokasikan anggaran yang sesuai untuk pemenuhan kualitas kerja operator. Selanjutnya bagi operator madrasah agar lebih bertanggung jawab dalam menjalankan pekerjaannya dan lebih teliti dalam memasukkan setiap data pendidikan pada aplikasi EMIS 4.0 Madrasah. Selain itu kepada Kementerian Agama Kota Palu agar dapat berperan secara aktif dan kooperatif dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan madrasah di kota Palu. Serta kepada stake holder lainnya dalam hal ini yaitu orang tua siswa agar lebih kooperatif dalam pendataan siswa di madrasah.
 
							 
							



