Kepemimpinan Transformatif Kepala Sekolah Dalam Menciptakan Manajemen Mutu Pendidikan Di Smk Negeri 3 Luwuk

  • Muh. Farhan Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • Azma Azma Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
  • A. Markarma Universitas Islam Negeri Datokarama Palu
Keywords: Kepemimpinan transformatif, manajemen mutu pendidikan, kepala sekolah, SMK, Pendidikan kejuruan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepemimpinan transformatif kepala sekolah dalam meningkatkan manajemen mutu pendidikan di SMK Negeri 3 Luwuk, Sulawesi Tengah. Dalam menghadapi tantangan global dan kebutuhan lokal akan tenaga kerja terampil, SMK dituntut untuk meneerapkan sistem pendidikan yang relevan dan adaptif. Krprmimpinan transformatif, yang ditandai dengan pengaruh ideal, motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, pendekatan yang tepat untuk menciptakan perubahan positif dan berkelanjutan alam institusi pendidikan. Melalui pendekatan kualitatif dan desain studi kasus, data dikumpulkan dari wawancara mendalam, observasi, serta dokumentasi dengan melibatkan kepala sekolah, guru, dan staf SMK Negeri 3 Luwuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah berhasil mengimplementasikan kepemimpinan transformatif melalui berbagai stratefi, seperti penguatan budaya, mutu, kolaborasi dengan dunia industri, dan pengembangan pofesionalisme guru. Namun, masih tedapat hambatan yang meliputi keterbatasan sumber daya, tantangan adaptasi teknologi, dan kesenjangan antara kurikulum dengan kebutuhan industri. Meskipun demikian, kepemimpinan transformatif terbukti memberikan dampak signifikan dalam mnciptakan iklim kerja yang positif, meningkatkan motivasi guru, serta mendorong terciptanya inovasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap kontekstual di daerah berkembang serta rekomendasi praktis bagi kepala sekolah dan pembuat kebijakan dalam meningkatkan mutu pendidikan kejuruan

Published
2025-10-30